about me

Friday, July 9, 2010

seberapa pentingkah mandi untukmu?

iseng ingin menulis tentang hal ini karena beberapa kali aku mengalami kemalasan untuk mandi apalagi kalo lagi musim ujan dan bogor berubah sedingin es [boong banget.....bogor sedingin es mah cuma waktu sepertiga malem sampe subuh doang..itu juga jarang-jarang....]. namun aku tetap memaksakan diri untuk melakukan aktivitas pembersihan tubuh itu dua kali setiap hari. ada juga sih beberapa teman yang entah kenapa sepertinya sangat malas untuk membersihkan dirinya sendiri. padahal mandi itu cuma butuh 5 menit [bagi yang benar2 cepat dan malas basa-basi], ada juga sih yang sampe setengah jam. pemborosan air banget. hehehe.

mandi adalah sarana untuk membersihkan tubuh yang telah beraktivitas seharian.
aktivitas ini tidak selalu bermakna pergi seharian ke kampus-aksi di kota seberang-naek angkot bolakbalik-ke sawah buat panen[petani banget]-jalanjalan ke PRJ [sebenernya aku yang ngarep ke PRJ]-dan segudang aktivitas outdoor lainnya. bahkan ketika hanya bolak-balik di kamar-depan tivi-makan-kamar mandi-sholat sebaiknya mandi tidak ditinggalkan. karena

Menurut seorang pakar perawatan tubuh, mandi akan memberikan beberapa manfaat selain tubuh jadi bersih.

yang pertama : mandi akan membuat rileks [jika menggunakan air hangat], dan membangkitkan semangat [jika menggunakan air dingin]. Artinya, di pagi hari, sebelum memulai kegiatan sepanjang hari, lebih dianjurkan untuk mandi dengan air dingin. Sedangkan mandi air hangat lebih tepat dilakukan untuk mandi sore atau malam hari menjelang istirahat. tapi sesuai dengan selera aja sih.... just do what you usually do. yang penting dua kali sehari.

mandi pun dapat membantu membuang lapisan kulit yang tua dan mati. proses pembaruan kulit itu setiap 28 hari lhoo... oleh karena itu, saat menyabun jangan cuma asal gosok. Berikan sedikit pijatan halus di tubuh. Proses pembaruan kulit dapat terhambat karena stres, perubahan hormon, perubahan suhu, pergantian musim, dan penuaan. Jika regenerasi berjalan lambat, kekeringan pada kulit meningkat. Kulit pun menjadi kusam, terutama di bagian siku, lutut, dan tumit. bisa juga dibantu dengan menggunakan lulur atau benda-benda perawatan tubuh lainnya.

No comments:

Post a Comment

haii....tinggalkan komentarmu setelah membaca blog ini. terima kasih...^^