about me

Friday, August 17, 2012

Kontes Robot Indonesia : Yuk, Berperan Sesuai Peranan

bismillah...

Beberapa waktu yang lalu saya sempat berkunjung ke ITB yang letaknya tidak jauh dari rumah. saat itu sedang ada event besar skala nasional yang diselenggarakan di sasana budaya ganesha, kontes robot indonesia. tentu saya ingin masuk ke dalam, melihat secara langsung perlombaan robot itu.
Tapi tiket masuk sudah habis, saudara-saudara...
Agak kecewa, tapi karena sudah terlanjur ada di TKP maka saya dan suami memutuskan untuk menelusuri stand-stand yang berisi pameran teknologi robot dari berbagai universitas.
dari segi bentuk, yang saya lihat ada beberapa yang sudah halus tampilannya : tak terlihat kabel2 bersuluran atau kedip-kedip batu baterai di dalamnya. tapi ada juga yang masih sangat "robot" lengkap dengan warna-warni penghubung listrik.

Kami duduk sejenak melihat pertandingan melalui layar besar yang sengaja didirikan oleh panitia bagi orang-orang yang kehabisan tiket seperti kami. letaknya tidak jauh dari tangga menuju tribun penonton. Pertunjukan dari layar cukup menghibur hati, meski penayangan perlombaan kadang masih sangat kurang dari segi sudut pengambilan gambar oleh kamera. angle-nya monoton dan sesuai dengan pandangan manusia ketika melihat dari depan. IMO, kalau sedang meliput lomba robot pemadam kebakaran yang menelusuri rintangan di kotak berliku, akan lebih bagus jika sesekali disorot dari atas.


saya berlatar belakang ilmu gizi dan menamakan diri sebagai blogger, tidak ada kaitannya dgn benda-benda kecil bertenaga baterai itu. Tetapi saya tetap ikut memperhatikan perkembangan-perkembangan teknologi di dunia. Jepang dan Korea dengan inovasi robot mereka yang sudah luar biasa. Juga Amerika yang tidak mau ketinggalan dengan dua negara tadi.

FYI, suami saya pernah ikut jadi peserta dalam kontes robot (kalau tidak salah) tahun 2005.
"itu robotnya kecil-kecil ya ukurannya?" kata saya dengan mata terus memelototi layar. "dulu robot (bikinan) kakak kok gede banget kayaknya"
"ya sekarang mah udah beda tantangannya. lebih rumit dari yang dulu." jawabnya.
"ga pake muter2 di labirin kayak gitu ya?"tanyaku lagi.
"iya"

ya, pasti sudah ada kemajuan yang cukup pesat di bidang ini dalam 7 tahun terakhir. so, maju terus para pejuang teknologi dan banggakan indonesia di mata dunia.
Pemerintah juga harus dukung mereka dong. beri fasilitas memadai di negeri ini. orang-orang pintar ga akan menyia-nyiakan ilmu mereka kok. pasti ada inovasi-inovasi yang akan mereka kembangkan jika ada perhatian penuh yang sudah mereka harapkan sejak pekik kemerdekaan bergaung di seantero negeri.
Dan para blogger, akan terus menyoroti perkembangan yang ada dengan gaya unik mereka masing-masing.

Yuk berperan sesuai peranan...


No comments:

Post a Comment

haii....tinggalkan komentarmu setelah membaca blog ini. terima kasih...^^